Tuesday, March 18, 2014

Berburu Oleh-Oleh di Malioboro (5)

Berkunjung ke daerah Jogjakarta belum lengkap bila tidak membeli oleh-oleh khas daerah ini. Salah satu kawasan yang menyediakan berbagai macam pernak-pernik khas Jogja dapat ditemui di sini. Berbagai macam kuliner dan pernak-pernik khas Jogja yang dapat dijadikan cinderamata dapat dipilih sendiri.

Kawasan Malioboro atau biasa yang lebih dikenal dengan Jalan Malioboro ini memang sudah dikenal oleh kalangan luas sebagai tempat yang wajib didatangi bila berkunjung ke Jogjakarta. Letaknya tak jauh dari alun-alun Kota Jogjakarta. Di sini terdapat tempat khusus bagi kendaraan bus pariwisata yang membawa wisatawan untuk parkir dan wisatawan pun bisa dengan tenang menyusuri Jalan Malioboro.

Masuk ke dalam kawasan Jalan Malioboro dari tempat parkir bus, wisatawan langsung disuguhi oleh berbagai pedagang yang menjual dagangannya di pinggiran jalan sepanjang Jalan Malioboro, layaknya pedagang kaki lima. Banyak pedagang yang menjual barang dagangannya di depan toko-toko yang berada dipinggiran jalan. Hal ini mengingatkan pedagang serupa di kawasan Glodok yang menjual dangangannya diemperan toko.

Mulai dibagian depan, banyak pedagang yang menjual berbagai cinderamata seperti gantungan kunci dan juga ada beberapa distro yang menjual pakaian seperti kaos, salah satunya yang banyak bergambarkan Jogja. Tidak hanya itu, disepanjang jalan juga berderet kuliner-kuliner khas Jogja.

Selanjutnya, jika terus menelusuri lebih dalam lagi, kita akan menemui berbagai jenis macam pedagang yang menjual barang dagangannya . Ada yang menjual pakaian kaos, sandal, gantungan kunci, dan masih  banyak lainnya yang pasti dengan harga semakin bervariatif. Di sinilah, kelihaian menawar kita diuji.

Hampir separuh Jalan Malioboro ditelusuri, akan ditemui pertigaan. Cobalah masuk ke dalam jalan tersebut. Walaupun memang terlihat sepi, namun di dalam jalan tersebut juga ada toko-toko , salah satunya menjual kaos khas Jogja dan juga beberapa penginapan di Jalan tersebut.

Satu tips bila kita ingin berbelanja oleh-oleh di kawasan Jalan Malioboro ini, jangan lupa untuk bersiap dalam hal menawar harga. Bila memiliki keahlian berbahasa Jawa, jangan ragu menggunakannya untuk menawar harga, karena dijamin kita akan mendapatkan harga yang paling menarik. Selamat berburu oleh-oleh.

0 comments:

Post a Comment

RULES !!!

iBlogger.web.id Aksesoris Blog Moody Blogger by Moch. Iqbal Chahyadi