Tuesday, May 20, 2014

Lomba dan Pameran Kaligrafi Cina SSW 2014 (11)


Universitas Bunda Mulia sedang mengadakan perayaan “1st Annual Social Science Week” yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH). FISH adalah salah satu dari dua fakultas di UBM yang memiliki program studi terbanyak didalamnya. 

1st Annual Social Science Week (SSW) merupakan acara perdana tahunan yang menyatukan semua mahasiswa program studi untuk dapat menampilkan kegiatan maupun melalui lomba-lomba yang diadakan bagi semua jurusan, berkaitan dengan program studi masing-masing dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Salah satunya adalah program studi Bahasa dan Budaya Cina (BBC). BBC menampilkan hal yang berbeda dari yang lainnya, yaitu dengan menggelar lomba dan pameran kaligrafi Cina. Pagelaran lomba dan pameran kaligrafi Cina diadakan dengan tujuan untuk menunjukkan eksistensi program studi BBC di UBM. 


Kaligrafi (shufa) adalah seni menulis karakter tradisional Cina yang memiliki gaya sangat unik sesudah ribuan tahun penciptaan dan pengembangannya. Dengan belajar dan praktek yang rajin selama bertahun-tahun, mereka masing-masing membentuk gaya dan aliran kaligrafi yang unik sehingga mendorong seni kaligrafi Cina mencapai tingkat yang tinggi.



Melalui lomba ini juga diharapkan para mahasiswa jurusan BBC dapat mendalami kaligrafi Cina, yang di mana adalah salah satu ciri khas dari budaya kuno Cina. Ini merupakan salah satu cara mewujudkan visi program studi BBC yaitu menjadi program studi Bahasa dan Budaya Cina unggulan yang menyelenggarakan pendidikan berkualitas tinggi dalam penerapan bahasa Cina secara profesional dalam  komunitas bahasa dan budaya Cina.

Lomba ini diikuti oleh 12 peserta yang semuanya adalah mahasiswa UBM jurusan BBC. Para peserta menulis karakter Cina menggunakan kuas dengan tinta hitam dan ditulis di atas kertas relatif kasar yang disebut Maobianzhi.
 
Hasil kaligrafi Cina para peserta lomba dipamerkan di lobby UBM agar dapat dinikmati para mahasiswa lain hingga kalangan luas.

 Reference:
The 1st Annual Social Science Week UBM 2014 

0 comments:

Post a Comment

RULES !!!

iBlogger.web.id Aksesoris Blog Moody Blogger by Moch. Iqbal Chahyadi